Kategori

Panen Kacang Tanah Kelompok Wanita Tani (KWT) Ar Rahman Nagari Pasir Binjai
18 Juni 2020 08:37:55 WIB 988 BERITA Admin Nakertrans

Kelompok Wanita Tani (KWT) Ar Rahman Nagari Pasir Binjai, salah satu kelompok tani yang ada di Nagari Pasir Binjai, panen kacang tanah untuk yang ke dua kalinya, dalam kurun waktu kurang lebih 4 bulan, mulai menanam bulan Maret 2020, diatas lahan seluas 50 M x 25 M, dengan memanfaatkn lahan pekarangan.

Kelompok tani yang diketuai Yayuk Trisnawati, memberdayakn ibu2 Nagari Pasir Binjai, beranggotakan 22 orang, yang aktif bekerja dan digaji hanya 5 orang, dengan upah perjamnya Rp 17.000, sehingga bisa menambah penghasilan rumah tangga.

Modal awal mereka dapatkan dari bantuan dana Nagari, bibit dan obat2an untuk gulma dari Dinas Pertanian Kab.Pesisir Selatan, berupa bibit kacang tanah dan jagung. Masalah yang dihadapi kelompok mahalnya biaya perawatan karena rumput dan gulma cepat sekali tumbuh. Untuk pemasaran masih dipasaran lokal. Bila keuntungan sudah banyak rencana kelpok akn membantu kegiatan PKK dan lansia. 

Setelah lahan dibersihkan, dalam minggu ini kelompok akan menanam jagung, karena bibit jagung sudah diberikan Dinas Pertanian.