Kategori

Pengembangan Tanaman Jahe Merah dan Kunyit di Nagari Kecamatan Silaut Kab. Pesisir Selatan
15 Juni 2020 13:17:08 WIB 702 BERITA Admin Nakertrans

Kebiasaan Transmigran menanam tanaman obat jahe, kunyit, temulawak dan tanaman rempah lainnya di lahan pekarangn dan lahan usaha serta mengolah menjadi produk instan, berbuah manis, dan banjir order di masa pandemi covid -19.

Untuk pengembangan tanaman jahe merah dan kunyit di Nagari Kec Silaut Kab. Pes Selatan, Dinas Nakertrans Prov Sumbar An Kepala Dinas,menyerahkan bantuan bibit jahe merah sebanyak 800 gram, kunyit 200 grm untuk ditanam di lahan seluas 1 Ha, kepada 6 kelompok tani yang ada di 6 Nagari di Kecamatan Silaut (Nagari Sungai Pulai, Sambungo, Pasir Binjai, Durian Seribu, Lubuk Bunta, dan Nagari Sungai Sirah), di Kantor Wali Nagari Pasir Binjai ( Eks UPT Silaut II),  yang dihadiri Camat Silaut (Syamwil, SSTP, MM), Wali Nagari, Ketua dan anggota Kelompok Tani, Pemuka masyarakat dan Anggota DPRD Kab Pesisir Selatan (Kusmanto),UPTD Pertanian Kec. Silaut, dan Dinas Nakertrans Prov Sumbar (Bidang Trans).

Bibit yang sudah  disalurkan harus dirawat, 6 bulan kedepan diharapkan sudah panen dan dikembangkan lagi menjadi bermacam produk seperti sirup,  permen jahe, dan jahe serta kunyit instan yang free suger (tanpa gula).

Nagari di Kec Silaut diharapkan menjadi sentral jahe merah, dan kunyit, yang mana 2 komoditi ini diharapkan menjadi salah satu produk unggulan pedesaan, dan  bisa berkembang menjadi industri mikro dan kecil dan berdaya saing, yang dapat menyerap tenaga kerja, dan nantinya menjadi Nagari Industri Rempah.