Kategori

Disnakertrans Sumbar Laksanakan Bimbingan dan Penyuluhan Minat dan Bakat Siswa di SMK 1 Baso
24 Februari 2019 18:39:26 WIB 961 BERITA Saiful Bahri, SH

Dinas Tenagakerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sumatera Barat menggelar kegiatan Bimbingan dan Penyuluhan Minat dan Bakat Siswa di SMK Negeri 1 Baso, Padang Tarok, Baso Kabupaten Agam, Sabtu (23/2). Kegiatan dipandu oleh enam orang Penyuluh, yakni Muhiasena, SE, Imrial S. Sos, Zaifawati, SH, Saiful Bahri, SH, Elfina, dan Darmawan, dan diikuti oleh sebanyak 101 orang siswa SMKN 1 Baso. 

Wakil Humas SMKN 1 Baso, Nini Loma, S. Pd, mengatakan bahwa kegiatan penyuluhan bertujuan untuk memperkenalkan dunia kerja kepada siswa dan memberikan bekal untuk siap menghadapi persaingan dalam dunia kerja.

"Kita berusaha mempersiapkan siswa menjadi calon pencari kerja yang memenuhi kualifikasi Dunia Usaha dan Dunia Industri. Semoga hasil bimbingan dan Penyuluhan dapat dijadikan masukan positif untuk siswa SMKN 1 Baso." , harap Nini Loma.

Sementara itu Koordinator Pelaksana Bimbingan dan Penyuluhan Minat dan Bakat Siswa, Muhiasena, SE yang juga merupakan Kepala Seksi Perluasan Kesempatan Kerja dan Peningkatan Produktifitas Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Sumatera Barat, mengatakan bahwa kegiatan ini terdiri atas dua fase, yaitu Penyuluhan Jabatan dan Bimbingan Jabatan. 
"Masing-masing fase akan membahas hal detail yang nantinya akan menjadi modal wawasan bagi siswa untuk bersaing di dunia kerja. Nanti akan adanya output dari Disnakertrans yang bisa dijadikan acuan dari pihak sekolah. Diharapkan kepada siswa bisa mengenali secara dini minat dan bakat yang mereka miliki.", tegas Muhiasena.

Muhiasena juga berharap pihak sekolah bisa menginvetaris siswa secara mendalam tentang siswa yang akan dilepas ke dunia kerja atau ke Balai Latihan Kerja. Sekolah diminta untuk mampu merancang program yang tepat guna dan berdaya guna.

Kegiatan  Bimbingan dan Penyuluhan Minat dan Bakat Siswa merupakan program kerja humas khususnya di bidang penyelenggaraan Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK N 1 Baso yang sudah direlease sejak 2015. Dalam melaksanakan program ini selalu bekerjasama dengan Dinakertrans Kabupaten Agam dan Disnakertrans Provinsi Sumatera Barat.