Kategori

6 Perusahaan Sumatera Barat Terima Penghargaan Siddhakarya 2018
22 November 2018 11:17:28 WIB 4,096 BERITA umpeg

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Barat menyerahkan penghargaan Siddhakarya 2018 kepada 6 perusahaan kategori usaha besar, usaha menengah dan usaha kecil di Sumatera Barat yang dinilai memiliki produktivitas yang baik, Rabu (21/10), di Hotel Pangeran Beach, Padang.

Keenam UMKM penerima penghargaan tersebut adalah PT. Kunango Jantan (Kab. Padang Pariaman), PDAM Tirta Sanjung Buana (Kab. Sijunjung), F1 Aina (Kab. Lima Puluh Kota), Ayesha Collection (Kota Padang), Nuri Chocolate (Kota Bukittinggi), dan Kripik Talas Bani Rawi (Kab. Tanah Datar).

Pemberian penghargaan ini didasarkan pada 8 indikator penilaian. Di antaranya kepemimpinan dan kemampuan manajerial, perencanaan strategis, fokus sumber daya manusia, fokus pelanggan, informasi dan data analisis, manajemen proses, hasil usaha, serta produktivitas.

Dalam kesempatan itu, juga diserahkan penghargaan kepada para kepala daerah yang dinilai berhasil membina para pelaku perusahaan kategori usaha besar, usaha menengah dan usaha kecil terpilih, yaitu Wakil Bupati Kab. Padang Pariaman, Bupati Kab. Sijunjung, Bupati Kab. Lima Puluh Kota, Walikota Padang, Walikota Bukittinggi dan Bupati Kab. Tanah Datar.

Penghargaan Siddhakarya tersebut diserahkan oleh Asisten II Sekretariat Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumbar Beni Warlis yang mewakili Gubernur Sumbar Irwan Prayitno didampingi Kadis Nakertrans Prov. Sumbar Nazrizal, kepada pelaku usaha terpilih. “Saya berharap prestasi saudara sekalian bukan hanya dapat dipertahankan, melainkan harus ditingkatkan,” katanya.

Para pelaku usaha yang memperoleh pengghargaan diharapkan bisa menjadi pionir dalam pengembangan perusahaan di masa depan. “Jangan berpuas diri, dan lebih giat lagi menciptakan produk-produk unggulan Sumatera Barat,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumbar Nazrizal mengatakan keenam pemenang nantinya akan mendapatkan pembinaan lanjutan dalam rangka memperebutkan penghargaan tingkat nasional (Paramakarya) di Jakarta tahun 2019.

Penghargaan Siddhakarya merupakan penghargaan produktivitas tingkat provinsi yang diberikan oleh gubernur setiap dua tahun sekali pada tahun genap. Sedangkan penghargaan Paramakarya merupakan penghargaan produktivitas tingkat nasional yang diberikan oleh Presiden Republik Indonesia setiap dua tahun sekali pada tahun ganjil.