Kategori

Pelatihan Kerja di Kapal Pesiar Diminati Pemuda Lombok Timur
24 Maret 2018 14:07:09 WIB 1,291 BERITA Saiful Bahri, SH

Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker RI) memperlihatkan pembangunan ketenagakerjaan melalui pengembangan potensi daerah pada Kamis 22-24 Maret 2018. Salah satunya adalah memperkenalkan Balai Latihan Kerja (BLK) di Lombok Timur (Lotim).

BLK yang baru dibangun dua tahun lalu ini bertujuan untuk membangun sumber daya manusia (SDM) yang ada di Lombok Timur khususnya untuk pemuda di sana. BLK ini melatih para pemuda pengangguran untuk bisa meningkatkan kemampuan mereka agar diterima di dunia kerja.

"BLK ini bisa juga disebut sebagai jembatan dari dunia sekolah ke dunia kerja," kata Kepala Biro Humas Kemnaker Sahat Sinurat di BLK Lombok Timur, Kamis, (22/3).

Ada dua program yang diusung di BLK Lombok Timur yaitu perhotelan dan kapal pesiar. Namun hingga saat ini program kapal pesiar yang sudah terpenuhi dengan instruktur langsung dari kapal pesiar yang nantinya akan menampung mereka. Tenaga kerja yang sudah dilatih bisa ikut ke Royal Caribbean.

Sedangkan untuk perhotelan instruktur masih disediakan oleh Pegawai Negeri Sipil yang sudah berpengalaman di perhotelan. "Perhotelan instrukturnya memang masih dari PNS, tapi mereka berpengalaman di bidang perhotelan kurang lebih empat tahun," kata Kepala Balai Latihan Kerja Sirman.

BLK ini juga diharapkan akan mengurangi angka kemiskinan yang ada di Lombok Timur. Sesuai data yang dipaparkan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nusa Tenggara Barat Wildan, jumlah pengangguran rendah namun kemiskinan juga tinggi.

"Itu berarti ada mayoritas orang-orang di sini bekerja namun pekerjaan itu tidak mencukupi kebutuhan pokok mereka," kata Wildan.