Kategori

Menciptakan Pekerjaan untuk anda dan orang lain ... “ Merubah mindset “ (bagian 1)
03 Januari 2018 23:02:23 WIB 126 BERITA Anna

Oleh : Dra. MAIYARTI (Penggerak Swadaya Masyarakat)

 

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah pengangguran di Indonesia bertambah 10.000 dalam satu tahun terakhir. Total pengangguran Indonesia mencapai 7,04 juta orang per Agustus 2017.  

Pengangguran ini merupakan salah satu masalah yang cukup besar di Indonesia termasuk di Sumatera Barat, faktor pengangguran bisa beragam macamnya, dan hal ini  tidak boleh di abaikan. Cukup sulit untuk mengatasi pengangguran di Indonesia dengan tingkat jumlah penduduk yang begitu besar . Pengangguran akan menyebabkan kemiskinan, gambaran tentang kemiskinan yang merupakan sebuah fenomena dan fakta yang terjadi di negara Indonesia, sebuah masalah yang sejak dulu hingga sekarang masih juga belum bisa teratasi baik oleh pemerintah pusat maupun oleh pemerintah daerah.Pemerintah tentu  saja memiliki keterbatasan untuk menyediakan lapangan pekerjaan. Untuk itu, ada baiknya kita tidak lagi memelihara mindset  mecari pekerjaan....mulai saat ini  ubahlah mindset (pola pikir) kita sebagai generasi muda dari mencari pekerjaan menjadi....menciptakan pekerjaan....

Kalau kita mencari pekerjaan sadarilah bahwa penyedia lapangan pekerjaan  yang akan menampung kita juga terbatas....bahkan perusahaan saat ini banyak yang sedang mengalami masa ‘suram’  dalam arti kata  sedang lesu dan bahkan hampir bangkrut yang disebabkan oleh berbagai hal baik  internal maupun external.

Sebagai seorang yang sedang menganggur atau tidak memiliki pekerjaan tetap, tentunya sebagai manusia ingin sukses & kaya dan memiliki pekerjaan tetap. Salah satu cara untuk sukses & kaya adalah  dengan berwirausaha/membangun bisnis.

Ada 2 faktor penting yang menjadi kebutuhan pokok dalam memulai usaha, yaitu:“ SKILL (Keterampilan)” dan “MINDSET ENTREPRENEUR”. SKILL sudah pasti sangat dibutuhkan karena sangat membantu dalam menjalankan usaha, namun kenapa MINDSET ENTREPRENEUR juga menjadi bagian terpenting dalam memulai usaha? Ingat, dengan Mindset Entrepreneur seseorang akan termotivasi untuk selalu produktif dan melakukan inovasi-inovasi baru untuk menciptakan peluang usaha yang menguntungkan.

Bagaimana sesungguhnya Mindset Pengusaha ? Yaitu Mindset Positif...dan bagaimana mindset positif yang harus di miliki oleh seorang Pengusahatersebut ? dan Mengapa harus membangun mindset positive? Berikut ini beberapa alasannya:

  • Mindset  positive merupakan modal untuk meraih kesuksesan dan kebahagiaan hidup. Jangan anggap remeh cara berpikir dan pandangan hidup Anda, karena dari sana lah kehidupan Anda akan ditentukan selanjutnya.
  •  Membangun mindset positive merupakan kunci penting untuk bisa sukses. Pemikiran atau prinsip dan pandangan akan mempengaruhi kita dalam mengambil tindakan dan keputusan. Termasuk motivasi hidup. Membangun mindset positive merupakan cara untuk menumbuhkan motivasi hidup secara lebih kekal.
  • Mindset positive atau pola pikir positif merupakan cara cerdas untuk fokus meraih kesuksesan. Orang yang selalu memiliki pikiran negatif di dalam dirinya, maka akan sangat sulit untuk maju karena ia terhalang oleh berbagai dugaan buruk dalam dirinya sendiri. Berpikiran negatif juga akan membuat energi kita habis untuk memikirkan hal-hal yang sebenarnya mungkin tak penting atau bisa kita atasi.
  • Rasa was-was, khawatir, merasa tidak mampu, berprasangka buruk dan berpikir yang tidak-tidak merupakan bagian dari pola pikir negatif yang harus dijauhi bila Anda ingin sukses.
  • Mindset positive merupakan bentuk rasa percaya diri pada kualitas diri yang Anda miliki. Yakin dengan potensi yang kita miliki merupakan modal awal Anda untuk membangun motivasi dalam hidup.
  • Mindset positive akan membuat Anda lebih fokus dalam mencapai tujuan. Jangan sibuk memikirkan omongan-omongan negatif orang lain. Mendengarkan ucapan-ucapan negatif dari orang lain akan melemahkan semangat kita untuk sukses. Berpikirlah positif dan yakinlah bahwa Anda mampu menghadapi apapun rintangan di tengah jalan menuju sukses.
  • Mindset positive adalah kunci sukses. Keyakinan untuk bisa menjadi baik sesuai dengan apa yang ada dalam konsep pemikiran Anda akan mendorong diri melakukan usaha yang lebih maksimal untuk meraih sukses. Konsep pemikiran menjadi penggerak langkah dalam hidup.
  • Dari konsep pemikiran lah akan terbangun bagaimana langkah nyata yang akan diupayakan untuk meraih kesuksesan. Oleh karena itu jangan sepelekan konsep pemikiran Anda. Isilah dengan hal-hal positif yang akan memberikan dorongan besar untuk Anda meraih kesuksesan.
  • Mindset positive merupakan modal penting Anda untuk bisa bahagia dalam hidup. Bisikan-bisikan negatif di dalam pikiran sejatinya adalah bentuk ketidakpercayaan diri terhadap segenap potensi yang Anda miliki.

Jadilah orang yang yakin dengan potensi diri sendiri. Jika Anda sendiri ragu dengan potensi Anda, lalu bagaimana dengan orang lain? Jadilah sosok yang mampu membangun rasa pemikiran positif, sehingga energi hidup Anda akan terkumpul sepenuhnya untuk maraih kesuksesan. Membangun mindset positive memang tak mudah, namun itu pasti bisa Anda lakukan. Memang perlu tuli sejenak dari bisikan-bisikan negatif, baik dari diri sendiri atau orang lain. Fokuskan energi kita untuk hal-hal positif. Butuh proses yang tidaklah instan untuk menjadi seorang pengusaha atau entrepreneur, bisa jadi waktunya cukup panjang. Banyak hal baru yang bisa jadi tidak diduga sebelumnya, yang muncul ketika kita terjun langsung ke dalam dunia bisnis. Orang bilang, bisnis itu kadang untung, kadang rugi. Ya, bisnis memang penuh resiko, kalau kita tidak pintar, jangan berbisnis, bisa-bisa bukan “Untung” tetapi “Buntung”. Hal inilah yang membuat sebagian besar orang akhirnya tidak berani mengambil resiko untuk meraih kesuksesannya dengan berbisnis.

Dalam memulai usaha dibutuhkan dua faktor penting, yang pertama skill dan yang kedua adalah mindset entrepreneur. Dari faktor itulah, mengapa adanya mindset entrepreneur sangatlah penting dalam menjalankan bisnis. Sebab dengan mindset entrepreneur, seseorang akan termotivasi untuk selalu produktif dan melakukan inovasi-inovasi baru untuk menciptakan peluang usaha yang menguntungkan.

Cara mudah untuk membentuk mindset entrepreneur bisa dilakukan dengan beberapa tahapan berikut :

  • Pertama, lihatlah potensi diri Anda. Buat daftar potensi yang Anda punya, kemudian kembangkan semua potensi yang ada, untuk menciptakan inovasi baru.
  • Kedua, belajarlah dari kisah para pengusaha sukses yang sudah berhasil mengembangkan bisnisnya dari nol. Dengan begitu Anda akan terinspirasi dan termotivasi untuk mengikuti jejak kesuksesan mereka dalam menjalankan bisnis.
  • Ketiga, ikuti pelatihan, seminar atau sharing bisnis yang bisa membantu Anda mengetahui segala kelebihan dan kekurangan sumber daya, yang bisa Anda jadikan sebagai prospek bisnis. Bila perlu, lakukan kunjungan langsung untuk melihat proses operasional sebuah usaha.
  • Dan yang paling utama dari ketiga langkah tersebut adalah Anda harus tetap “Action!”, karena tanpa action, maka mimpi kita tentu tidaklah akan menjadi sebuah kenyataan.
  • Semoga tips motivasi bisnis ini bisa membantu Anda untuk mengubah pola pikir dari mimpi kecil menjadi mindset entreprenenur dengan mimpi besar. Sebab, dengan skill yang mendukung dan pola pikir yang kuat, Anda pun bisa menjadi seorang entrepreneur sukses. Yakinkan diri Anda untuk berani mengambil resiko, dan cobalah untuk memanfaatkan segala peluang usaha di sekitar Anda. Sekaranglah saatnya Anda memulai bisnis.

Selain mindset positif diatas, bila anda benar-benar ingin menjadi seorang pengusaha berikut tips-tips yang diperlukan agar anda menjadi seorang pengusaha sukses dan kaya raya  :

1.      Mampu memanfaatkan peluang.

2.      Kreatif.

3.      Berani mengambil resiko.

4.      Komunikasi efektif.

  • Pemburu peluang, seorang entrepreneur selalu ingin berhasil,awas, waspada dan sengaja mencari peluang.
  • Kreatif, seorang entrepreneur mempunyai ide yang berbeda, ide lebih baik dan diterima masyarakat.  
  • Berani mengambil resiko seorang entrepreneur tidak takut gagal, kalau gagal bangkit lagi dan jika gagal 2 kali maka bangkit 3 kali dan seterusnya.
  • Dan yang terakhir adalah komunikasi efektif, seorang entrepreneurs harus mempunyai negosiasi yang baik diantaranya dengan gesture yang mempengaruhi komunikasi sebesar 55%, intonasi 35% dan terakhir kata-kata 10%.

Dan ada pula nilai dan budaya agar seorang entrepreneur semakin melesat wirausahanya antara lain:

1.      Silaturahim

2.      Integritas

3.      Berpikiran terbuka

4.      Berorientasi tindakan

5.      Fun

Silaturahmi diantarnya adalah saling mendukung, sinergi,komunikasi,kerja sama, berbaik sangka, team work, sukses bersama. Kemudian integritas diantaranya kejujuran, transparansi, amanah, komitmen, tanggungjawab, adil. Lalu berpikiran terbuka diantaranya adalah terus belajar, terus bergerak maju, kreatif dan inovatif.

Kemudian beorientasi tindakan diantaranya adalah semangat solutif, konsisten, persisten, berfikir dan bertindak positif, give and take,  mindset keberlimpahan. Danyang terakhir adalah fun yaitu menjaga keseimbangan dalam hidup.

Dan yang tak kalah pentingnya ada beberapa rumus sukses dan pelengkap entrepreneurs diantaranya adalah:

1.      Reason  (alasan)

2.      Belief (keyakinan)

3.      Dreams (impian)

4.      Strategy

5.      Actions

6.      Persistence ( ulet, pantang menyerah)

7.      Pray (doa, ikhlas, dan tawakal)