Kategori

Diskusi pembangunan Kabupaten Kepulauan Mentawai dirumah Dinas Wakil Gubernur Sumatera Barat sabtu 23 September 2023
24 September 2023 07:00:54 WIB 133 BERITA TERKINI erizal

*Diskusi Pembangunan Kab.Kepulauan Mentawai di Rumah Dinas Wakil Gubernur Sumbar pada Sabtu 23 September 2023 jam 19.00 - 21.30 WIB *

Dengan dipimpin langsung oleh Wakil Gubernur Sumbar (Audi Joinaldy), rapat dihadiri oleh Pj.Bupati Kepulauan Mentawai (Fernando Jongguran Simandjuntak), Kadisnakertransprov Sumbar (Nizam Ul Muluk), Kadis Pariwisataprov Sumbar (Luhur Budianda SY), Kadis Kelautan dan Perikanan Prov.Sumbar (Reti Wafda), Kadis Kehutananprov Sumbar (Yozarwardi), dan Kadis Perhubungan Prov Sumbar (Dedy Diantolani). 

Materi yang didiskusikan, mencakup;
1. Perencanaan pengembangan pariwisata dan perizinan usaha, road map dan rencana induk pengembangan pariwisata, wisman (Amerika Serikat, Australia dan negara negara Eropa), even even pariwisata, dan penggalian sumber - sumber pendapatan asli daerah. 

2. Ketenagakerjaan ;
- BPJS Kesehatan masih minim
- BPJS Ketenagakerjaan masih minim
- UMP/UMK dibawah standar
- Pendataan dan pembinaan hubungan industrial; Jumlah perusahaan, jumlah tenaga kerja (WNI dan Asing),  Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing (RPTKA), Izin Memperkerjakan Tenaga Kerja Asing (IMTA), Wajib Lapor Ketenagakerjaan Perusahaan (WLKP), Serikat Pejerja (SP), LKS Bipartit, Peraturan Perusahaan (PP), Perjanjian Kerja Bersama (PKB), Upah, THR, Suket, izin lingker, dan lain lain
- Pengawasan ketenagakerjaan

3. Kehutanan; izin penggunaan lahan, sebahagian besar resort yang telah terlanjur dibuka ternyata berada dalam kawasan Hutan Produksi (kuning), sehingga pengurusannya menjadi lahan putih (Areal Penggunaan Lain/APL) menjadi gagal atau ditolak, dan hal ini memang disengaja supaya Negara bisa hadir di pulau pulau Mentawai tersebut. Sebab jika dirobah menjadi APL (putih), maka ia bisa menjadi komersialisasi (Private) dan negara tidak bisa lagi hadir dan pulau pulau itu sudah menjadi terjual kepada pihak lain (lepas dari negara).

4. Pengembangan kelautan dan perikanan, meliputi pembudidayaan lobster, pemanfaatan pulau pulau kecil dan terpencil, terumbu karang, benur, dan lain lain.

5. Perhubungan, terutama yang berkaitan dengan pemanfaatan Bandara Rokot dan pengembangannya.

Semua usaha yang dibuka di Kab.Kepulauan Mentawai rata rata dimiliki oleh Asing dan hanya sebahagian kecil saja yang dimiliki pribumi.

Ke depan, Kabupaten Kepulauan Mentawai akan dibangun melalui peningkatan sinergitas dan koordinasi yang aktif dan intens antara Pemkab Kepulauan Mentawai, Pemprov Sumbar dan Pemerintah Pusat. 

Anugerah teranyar dan terkini Pemkab Mentawai baru saja menerima Paritrana Award (Peringkat I) dari BPJS Ketenagakerjaan Sumbar yang diserahkan langsung oleh Gubernur Sumbar (Buya Mahyeldi) di Pangeran Beach Horel Padang pada tanggal 4 September 2023 yang lalu.

Dan, lebih lanjut guna menindaklanjuti pembangunan dan pengembangan Kab. Kepulauan Mentawai, terhitung mulai tanggal 2 s.d. 6 Oktober 2023 beberapa OPD Pemprov Sumbar terkait akan turun ke Kab.Kepulauan Mentawai melakukan sosialisasi, pembinaan dan monev pembangunan sekaligus menyelenggarakan berbagai even pariwisata.