Kategori

KEGIATAN TEMU TEKNIS PELANGGAN PENGUJIAN K3 PERUSAHAAN DAN RUMAH SAKIT DI WILAYAH PROVINSI SUMATERA BARAT
23 Juni 2021 09:24:29 WIB 499 BERITA erizal

KEGIATAN TEMU TEKNIS PELANGGAN PENGUJIAN K3 PERUSAHAAN DAN RUMAH SAKIT DI WILAYAH PROVINSI SUMATERA BARAT tanggal 22 juni 2021

Kegiatan temu teknis pelanggan pengujian K3 perusahaan dan rumah sakit di aula disnakertrans prov sumbar jalan ujung gurun no 7 Padang.

Kegiatan ini dibuka oleh Kadis Nakertrans sumbar Bapak Nazrizal, S.Sos M.Si.

Peserta kegiatan adalah perusahan dan rumah sakit di wilayah kabupaten/ kota provinsi Sumatera Barat sebanyak 30 perusahaan dan lembaga pemerintah UPTP pusat yang ada di Padang.

Pada kegiatan ini dihadiri tim dari KEMNAKER RI yaitu Direktur Bina K3 Kemnaker RI bapak drs. Muhammad Idham, MKK , Bapak dr. Fahrul Azwar Koordinator bidang Ergonomi dan Psikologi Kerja, dan ibu Putri Sandy Pangestu penguji K 3 pertama Kemnaker RI.

Nara sumber pertama oleh bapak drs. Muhamad Idham, MKK adalah membahas Permenaker 5 tahun 2018 tentang K3 Lingkungan Kerja.
Permenaker 5/2018 memberi pedoman baru mengenai:
1.Nilai Ambang Batas (NAB)
untuk faktor fisik, kimia.
NAB ditetapkan berdasarkan riset ilmiah internadional.
2.Standar dari faktor biologi, ergonomi, spikologi, persyaratan kebersihan, sanitasi yermasuk kualitas udara dalam ruangan (indoor air quality) guna terwujudnya tempat kerja yg aman, sehat, nyaman. Standar berdasarkan kesepakatan yg ditetapkan para ahli lingkungan.
Pada kesempatan tersebut dijelaskan beberapa peran UPTP/UPTD K3 sebagai pengujian lingkungan kerja, pengembangan sumber daya manusia bidang K3.
Khusus untuk ergonomi ,psikologi pada permenaker 5/2018 ada kewajiban perusahaan memeriksa kondisi psikologi pekerja di perusahaan seperti stress dengan kuesioner survei diagnosis stress (SDS).
Sanksi bagi perusahaan yg tidak memenuhi ketentuan 5/2018 adalah sama dengan permenaker 1/1970.

Nara sumber kedua bapak dr Fahrul Anwar membahas ergonomi ,dan inti penepan K3 di perusahaan.
Diskusi dan tanya jawab dari beberapa peserta kegiatan, serta arahan dari bapak kepala UPTD K3 Sumbar dr .Almaizon, M.Hum terkait pelayan UPTD K3 terhadap perusahaan dan rumah sakit sebagai pelanggan dan calon pelanggan.

Pada akhir kegiatan imbauan dari Gubernur Sumatera Barat dan dari Kemnaker RI